Minggu, 01 Februari 2009

CARA GAMPANG BERPIKIR POSITIF DGN SEANDAINYA KERBAU BISA TERBANG?


Halo semua!

Baru-baru ini saya mengikuti lomba yang bertema MY BIG DREAMS yang diadakan oleh serang motivator Thomas Sugiarto. Nah, pagi ini saya ngecek ke websitenya, dan menemukan sebuah tips menarik tentang cara berfikir positif yang ditulis oleh beliau. Saya posting kembali semoga dapat menginspirasi teman-teman.

Berikut adalah tulisannya:

Hidup akan lebih baik jika pikiran kita bisa positif. Salah satu faktor orang yang mencapai kesuksesan adalah mereka selalu berpikir positif meski dalam keadaan kurang beruntung.

Namun demikian tidaklah mudah menjadi orang yang bisa berpikir positif setiap saat terlebih dalam keadaan sulit. Terkadang melakukan memang lebih sulit dari pada mengatakanya. Lalu bagaimana?
Apakah ada cara yang efektif agar kita dapat berpikir positif selalu?

Jawabannya TIDAK ADA! Tidak ada cara instan agar kita terbiasa untuk berpikir positif namun ada cara belajar yang membuat kita terbiasa dengan berpikir positif. Coba kita lihat bagaimana cara Anto belajar berpikir positif dibawa ini.

Pada suatu malam, Anto sedang berjalan di sebuah taman terbuka. Beliau baru pulang dari sebuah seminar tentang berpikir positif. Suasana malam itu memang agak mendung tapi belum hujan. Tiba-tiba ada satu tetesan cair jatuh dari langit dan tepat kena kepala Si Anto. Anto agak kebingungan dan penasaran. Dilihat lah sekeliling, eh kok tidak ada tanda-tanda sudah hujan! Tapi kalau bukan hujan berarti....! Pada awalnya, Anto agak cemberut, tapi karena dia barusan ikut seminar berpikir positif, maka dia mulai mempraktekkannya. Dia mulai memfokuskan pikiran dan memberanikan diri untuk menghadapi kenyataan. Dia mulai meraba kepalanya. Ternyata, cairan itu agak kental! Suasananya gelap sehingga dia tidak bisa melihat. Maka sambil menyernyitkan alis, lalu dia mencium baunya! Segera, Anto langsung bersyukur kepada Tuhan! “Terima kasih Tuhan, untung kerbau tidak bisa terbang! Kalau kerbau terbang, pasti tahinya lebih besar! (Ha..Ha..Ha..!)

Apa yang dilakukan Anto adalah segera mencari hal yang dapat membuat dia bersyukur dan tersenyum saat mengalami hal yang tidak nyaman. Bersyukur bahwa segala masalah bukan masalah besar. Saat mengalami kecelakaan segera jawab untung cuma luka, jika ternyata kaki sebelah putus segera berpikir untung cuma satu kaki, jika keduanya untung masih hidup, jika meninggal?Syukur pada Tuhan akhirnya kita masuk surga. Contoh ini mungkin memang ekstrim,namun segala kunci kesuksesan diawali dengan berpikir positif.

Anda pernah mendengar kisah Diana Golden? Seorang wanita yang selalu berpikir positif meski dalam keadaan tersial bagi seorang wanita. Coba bayangkan, Diana Golden adalah wanita biasa yang cuma memiliki satu kaki. Sudah cuma punya kaki satu terkena kanker payudara pula, sehingga Diana harus kehilangan dadanya sebelah. Diana berpikir setidaknya masi punya satu dada sehingga masi bisa punya anak karena saat itu Diana ingin sekali memiliki anak. Namun tidak dalam waktu lama, dokter memvonis bahwa dada Diana satunya lagi harus diangkat karena kanker sudah menyebar. Dia pun masih berpikir positif dengan mengadopsi anak anjing sebagai teman hidupnya. Sialnya lagi, anjingnya tidak lama kemudian pun mati! Namun Diana tetap hidup dan bertarung dari masa hidup dia yang sangat sulit untuk ukuran manusia biasa. Diana tetap berjuang hidup, bahkan dia mengikuti lomba Ski Olimpiade kategori orang NORMAL! Bayangkan seorang yang hanya punya satu kaki ikut lomba ski Olimpiade dikategori orang Normal. Semuanya karena Diana Golden dapat berpikir positif untuk tetap berjuang dalam kesulitan apa pun.

Abraham Lincoln saat mengalami kegagalan setiap usahanya masuk dalam parlemen di Amerika Serikat selalu berpikir positif bahwa kegagalan ini adalah proses pembelajaran sehingga akhirnya Abraham Lincoln bisa menjadi Presiden Amerika Serikat yang terbaik. Contoh di Indonesia? Pernah dengar group musik Jamaica Cafe? Jamaica Cafe adalah group musik yang cukup terkenal di Indonesia,tapi taukah salah satu penyanyi yang menjadi lead vocalnya bernama Anton yang mempunyai tangan dan kaki tidak seimbang atau panjang sebelah?. Namun Anton tidak malu dengan keadaanya karena dia berpikir dengan keadaan seperti ini dan modal suara yang bagus dapat menarik perhatian banyak orang menonton dia menyanyi karena semangatnya. Orang akan lebih bersimpati dan akan memberi respon yang baik kepada Anton.

Jadi mari kita berpikir positif dalam keadaan sulit apa pun. Belajar terus bersyukur dalam mengahadapi masalah sebab pasti Tuhan akan memberikan yang terbaik.

Jadi gimana teman-teman??
Ayo satu langka pertama dan sekarang juga!

sumber: thomassugiarto.com
dapat dibaca juga di
Hyperlink to Facebook Saya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar